selamat datang di siapasangka.com selamat datang di siapasangka.com selamat datang di siapasangka.com selamat datang di siapasangka.com selamat datang di siapasangka.com selamat datang di siapasangka.com selamat datang di siapasangka.com selamat datang di siapasangka.com selamat datang di siapasangka.com selamat datang di siapasangka.com selamat datang di siapasangka.com selamat datang di siapasangka.com selamat datang di siapasangka.com selamat datang di siapasangka.com selamat datang di siapasangka.com selamat datang di siapasangka.com

Rabu, 21 Desember 2011

Jelang Natal, Harga Sembako Naik 20 Persen

siapasangka.com-Jakarta: Jelang Natal dan Tahun Baru, harga sayur-mayur, beras, dan bahan pokok lainnya merangkak naik. Di Jakarta, cabe, dan tomat naik paling tinggi. Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, harga kebutuhan pokok juga naik sampai 20 persen.

Harga cabai, bumbu pedas yang menjadi kesukaan warga merangkak naik. Dari sebelumnya Rp 35 ribu, kini dijual Rp 40 ribu per kilogram. Tomat juga naik tinggi dari sebelumnya RP 8.000 menjadi Rp 14 ribu per kilogram. Kenaikan harga ini membuat pembeli di Pasar Palmerah Jakarta selatan mengeluh. Beras juga naik rata-rata Rp 500 per kilogram untuk semua jenis.

"Cabe yang lagi mahal, sama bawang, sama tomat," kata pembeli, Sultiah, di Pasar Palmerah, Jakarta, Rabu (21/12).

Sedangkan seorang pedagang, Endang, berharap kenaikan harga sembako tak terlalu drastis. "Maunya yang sedang-sedang saja. Kalau turun kasihan petaninya, kalau naik kasihan pembelinya," ujarnya.

Harga bahan pokok juga naik di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dengan kenaikan rata-rata 20 persen. Harga beras kepala di Pasar Sentral Pe0kkabata dijual Rp 8 ribu per kilogram, dari sebelumnya Rp 7.300. Terigu menjadi Rp 9.000 dari Rp 7.500 per liter. Gula pasir eceran menjadi Rp 11.000 dari Rp 9.000 per liter. Sayur mayur seperti kacang, cabe, bawang, tomat, dan sayur mayur naik sampai 10 persen.

Pedagang memperkirakan, harga sembako masih akan terus naik sampai tahun baru.(MEL)

0 komentar:

Popular Posts